Manfaat Umum Mandi Air Hangat

Manfaat Umum Mandi Air Hangat

Wednesday, September 4, 2019, 4:59 PM

Mandi merupakan aktivitas yang dilakukan setiap hari dengan tujuan untuk membersihkan diri. Banyak manfaat dari mandi terutama untuk kesehatan anda. Namun, ketika anda mandi dengan suhu yang berbeda justru memberikan dampak yang beda pula. Inilah yang kemudian menjadi perdebatan panjang. Lebih sehat mana, mandi dengan air hangat atau air dingin?

Manfaat Umum Mandi Air Hangat
Keduanya sebenarnya sama-sama menyehatkan baik itu mandi air hangat atau dengan air dingin. Banyak ahli menyatakan, bahwa untuk aktivitas mandi tidak ada anjuran yang paling benar. Semuanya sama saja, karena masing-masing memiliki khasiat. Anda bisa menyesuaikan diri anda sendiri mana yang sesuai dengan kebutuhan akan kondisi dari diri anda. Agar bisa membantu untuk menentukan pilihan, maka anda bisa simak apa saja keunggulan dan kelemahan mandi menggunakan air hangat maupun air dingin. Berikut ulasannya. 

Rekomendasi: Cari Pemanas Air Tenaga Surya? Yuk Ke Sini Aja https://pemanasairindonesia.com

Mandi dengan Air Hangat
Jika anda memang menyukai mandi dengan air hangat, tentu harus memperhatikan beberapa hal. Seperti misalnya suhu air yang digunakan untuk mandi. Anda bisa mandi menggunakan air hangat dengan suhu air yang tidak lebih tinggi dari 44 derajat Celcius. Selain itu juga, jika anda mandi dengan air hangat pada suhu tersebut, maka anda harus menghindari mandi yang terlalu lama. Kurang lebih 5 sampai 10 menit saja, anda bisa merasakan manfaat dari mandi dengan menggunakan air hangat. 

Manfaat Mandi dengan Air Hangat
Ketika anda mandi dengan air hangat dengan pemanas air, maka anda harus memenuhi anjuran akan suhu air yang dianjurkan tadi. Bila anda melakukannya, maka anda bisa merasakan manfaatnya seperti.

1. Peredaran darah lancar
Anda bisa merasakan langsung bila menggunakan shower yang tekanan airnya stabil. Anda berdiri di bawah shower selama 5 menit saja, maka sirkulasi di arteri dan pembuluh darah akan menjadi lancar.

2. Otot-otot yang tegang, kaku, dan nyeri menjadi lemas
Ketika anda menikmati mandi air hangat, maka anda bisa menggerak-gerakkan leher sambil memijat ringan tubuh anda. Seperti di kaki atau lengan. Jika anda menggunakan pancuran air, maka anda bisa berdiri di bawahnya selama kurang lebih 10 menit. Tekanan air pada shower tersebut bisa berfungsi sebagai pemijat yang sangat ampuh untuk meredakan otot kaku dan nyeri.

TerPopuler